"Boku no Taiyō" (僕の太陽, Matahari
Milikku) adalah singel ke-5
dari grup idola Jepang AKB48. Singel ini dirilis melalui label
mayor DefSTAR
Records pada 8 Agustus 2007. Lagu unggulan dalam singel ini hanya
dinyanyikan oleh 14 anggota
"senbatsu", 4 anggota senbatsu dari singel
sebelumnya ("Bingo!")
tidak diikutsertakan.
Boku no Taiyou
★ Senbatsu (14 Members, Members bloded adalah bagian dari gadis depan
single ini, Maeda Atsuko Center )
§
Tim A : Itano Tomomi , Oshima Mai , Kojima Haruna , Shinoda Mariko , Takahashi Minami , Nakanishi Rina , Maeda Atsuko , Minegishi Minami
Mirai no Kajitsu
Anggota Senbatsu
Promosi
"Boku no Taiyō" juga dijadikan judul serangkaian
pertunjukan panggung dari 1 Juli 2007 oleh Unit Himawari (ひまわり組Himawari Gumi?), sekaligus lagu andalan pada pertunjukan itu. "Boku
no Taiyō" dirilis hanya 3 minggu setelah dirilisnya "Bingo!".
Musik video disutradarai oleh Masaki Takehisa yang juga sering menangani Morning Musume.
Lagu sisi-B "Mirai no Kajitsu" (未来の果実 Buah Masa
Depan?) juga
dipakai sebagai lagu tema "Mizu to Midori no Campaign 2007" (水と緑のキャンペーン2007 Kampanye
Hijau dan Air Bersih 2007?) di
televisi lokal KBC Kyushu Asahi Broadcasting. Mereka juga diundang untuk
mengadakan konser live di Fukuoka sehubungan acara KBC tersebut. Lagu ini dinyanyikan oleh 16
anggota AKB48, termasuk keempat belas anggota senbatsu untuk
"Boku no Taiyō", ditambah Yuka Masuda dan Ayaka Umeda dari Tim K.
Tidak seperti singel-singel sebelumnya, AKB48 tidak mengeluarkan
"Shokai Genteiban" (初回限定版 Edisi
Perdana?), tetapi setiap CD cetakan
pertama disertai dengan selembar stiker karakter "Deltora Quest",
serta selembar sampul CD desain berbeda. Singel berikutnya, "Yūhi o
Miteiru ka? disertai bonus DVD berisi video "Boku no Taiyō".
Prestasi
Hanya penggemar pembeli cetakan pertama diundang ke acara
bersalaman eksklusif untuk menemui oshimen mereka. Penggemar
diberi waktu untuk bertemu anggota favorit, dan lamanya disesuaikan dengan
total keseluruhan CD yang mereka beli. Sebagai akibatnya, penggemar
beramai-ramai membeli CD dalam jumlah sangat besar.
Singel ini bertahan empat minggu di tangga Top 200 Oricon,
dengan pencapaian terbaik di urutan ke-6. Prestasi ini menyamai prestasi singel
"Bingo!"
yang merupakan singel terlaris mereka waktu itu. "Boku no Taiyō"
terjual 28.840 kopi.
Trivia
§ Anggota Tim A , Kojima Haruna melakukan
narasi untuk CM single ini.
§ "Boku no
Taiyou" adalah tema TV Anime Deltora Quest Ending
Theme
§ "Mirai no
Kajitsu" adalah KBC Water and
Green Campaign 2007 Theme Song
§ Untuk bonus pers
pertama, ada TV Anime Deltora Quest Sticker
0 komentar:
Posting Komentar